Translate

Home » , » Keuntungan dari Kursus Online

Keuntungan dari Kursus Online

Written By Muhammad Umaruddin on Jumat, 01 Juli 2016 | 7/01/2016 02:06:00 PM

sumber: moocs.raiuniversity.edu

Kursus Online saat sudah lumayan terkenal di kalangan pelajar internasional. Pasalnya, ada beberapa kursus online yang menawarkan kredit yang bisa digunakan untuk lulus dari program tertentu, baik sarjana maupun master. Namun sayangnya, pelajar di Indonesia sendiri belum begitu mengenal kursus online. Karena memang kebanyakan kursus online yang tersedia menggunakan Bahasa Inggris. 
Tapi saat ini sudah ada beberapa kursus online buatan asli dalam negeri, tentu saja menggunakan Bahasa Indonesia. Seperti Indonesiax.co.id. dan beberapa universitas seperti UGM, UI, Unsri, ITB, dan lainnya telah menggunakan kuliah online. Jika belum tahu tempat kursus online yang tersedia sila cek disini.

Berikut akan dibahas keuntungan dari kursus online, dikutip dan diterjemahkan dari skilledup.com :
1. Membangun keterampilan Nyata
Seperti, meningkatkan sikap terhadap pembelajaran, memperoleh bukti peningkatan kemampuan untuk karir dan profesional, rata-rata menyelesaikan kursus dengan tingkat keberhasilan tinggi, dan literasi online yang meningkat. Karena setelah menyelesaikan kursus, biasanya akan diberikan bukti berupa sertifikat. Sertifikat bisa diambil jika telah mencapai standar skor kelulusan. Ada beberapa lembaga yang harus membayar untuk sertifikat, ada juga sepenuhnya gratis. 

2. Kursus yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan
Misalnya kamu bekerja sebagai pembangun website, kamu bisa mencari kursus yang bisa meningkatkan kemampuan tersebut, seperti pemograman web, desain web, dan sejenisnya. Tentu saja bisa langsung praktik di dunia kerja.

3. Mengurangi Biaya
Siapa yang tidak mau, kalau dapat keterampilan dan ilmu baru dengan biaya yang murah atau bahkan gratis? Kursus online lebih hemat biaya karena tidak harus datang ke tempat kursus, sehingga ongkos dari rumah ke tempat kursus ditiadakan. Dengan kursus online juga materi semuanya disediakan secara online dan softfile, jika memang tidak terbiasa dengan membaca di layar, maka tinggal print atau membiasakan diri untuk membaca materi di layar. Biaya kursus online juga tidak jauh berbeda dengan biaya kursus konvensional, atau bisa lebih murah. Biaya rata-rata untuk satu kursus adalah Rp500.000. Di indonesiax untuk mendapatkan sertifikat cukup dengan biaya Rp200.000, murah bukan? Bayangkan jika Anda masih lebih memilih kursus konvensional, biaya kursus mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, belum lagi untuk biaya ongkos dan uang makan, tentu saja terkadang ada uang yang habis buat beli sesuatu yang ingin dipamerkan, hehe.

4. Mendapatkan sertifikat khusus/spesialis
Seperti telah dijelaskan di bagian dua, kursus cukup bervariasi dan sesuai dengan perkembangan jaman. Jadi bijaklah dalam memilih kursus online, pilih yang sesuai dengan minat, bakat dan juga kebutuhan saat ini. Dengan mendapatkan sertifikat khusus/spesialis, maka akan muncul peluang pekerjaan baru untuk Anda, atau bisa digunakan untuk naik jabatan.

5. Gaya Belajar yang Fleksibel
Namanya juga online, kursus bisa diakses dari mana pun dan kapan pun selama ada perangkat dan internet. Untuk lulus dari kursus online cukup meluangkan waktu, pilih tempat yang cocok untuk belajar dan jaringan internet yang memadai. Jika memungkinkan, ajak teman untuk ikut menyelesaikan kursus online ini.

6. Jangkauan Akses yang mudah
Dengan kursus online, maka semua materi dan tugas tersimpan aman di jaringan internet. Semua peserta kursus tidak perlu khawatir akan ketinggalan materi. Banyak juga lembaga kursus online yang telah mendukung untuk dibuka di banyak perangkat, seperti HP, tablet dan tentu saja komputer.

7. Kualitas Pengajar yang Baik
Lembaga kursus online seperti edx, adalah besutan dari Harvard University dan MIT. Dua nama tersebut adalah universitas yang lima tahun terakhir ini selalu berada di urutan nomor satu dan dua. Tentu saja tidak perlu khawatir dengan kualitas pengajar. Ini kesempatan bagus untuk belajar gaya dan budaya belajar dari kampus tersebut.

8. Teknologi yang mutakhir (Canggih)
Kursus online di desain khusus untuk pembelajaran jarak jauh, yang ini akan dibutuhkan kemampuan khusus dan materi khusus di dalamnya agar peserta kursus dapat mengerti dengan baik. Situs kursus online dibuat senyaman dan semudah mungkin untuk peserta. Syarat peserta hanya perlu memahami cara mengakses internet. Semua kebutuhan kursus tersedia secara online, dan peserta kursus biasanya akan mendapatkan email pemberitahuan setiap ada pengumuman terkait kursus.

Sudah ada delapan keuntungan dari kursus online, tunggu apa lagi. Sila cari info kursus yang Anda butuhkan. Yang perlu diperhatikan adalah :
(1) peserta yang boleh mendaftar, karena ada juga peserta yang hanya untuk mahasiswa dari universitas yang bersangkutan 
(2) biaya pendaftaran, biasanya ada dua pilihan yaitu
-  bayar dulu baru dapat akses kursus online, atau 
-  kursus online dulu setelah lulus baru bayar. 
Ada juga yang gratis. 
(3) tipe kursus, biasanya ada tiga tipe yaitu
-  Kursus umum
-  Kursus Profesional (untuk kalangan profesional)
-  Kursus kredit universitas (untuk mendapatkan kredit dari universitas tertentu dan di transfer ke universitas peserta kursus)
(4) Tipe belajar dan bahasa pengantar kursus. Kalau yang ini wajib ya, karena mimin pernah daftar kursus dengan bahasa pengantar Jerman, dari susah sendiri memahami materi kursus. Juga gaya belajar kursus online tergantung dari pengajarnya, ada yang baca materi dan nonton video lalu di akhir ada kuis beberapa pertanyaan pilihan ganda. Ada juga baca materi, terus buat pendapat kita di forum diskusi. Ada juga yang semuanya video dan diakhiri dengan buat esai terkait materi tersebut. Jangan lupa untuk aktif di forum diskusi, selain dapat teman baru dari seluruh negara juga bisa dapat pemahaman baru.

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami