Translate

Kursus Online terpopuler

Written By Muhammad Umaruddin on Minggu, 28 Februari 2016 | 2/28/2016 04:52:00 PM



Di era modern seperti saat ini, sudah sangat banyak pilihan dalam metode pelajaran. Mulai pelajaran tatap muka, sampai pelajaran jarak jauh. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sangat mungkin untuk seorang pelajar melakukan interaksi jarak jauh dengan guru atau pembimbing akademik. Telah banyak situs di internet yang menawarkan kursus jarak jauh.

Kursus jarak jauh yang telah lama ada di dunia adalah yang ada pada universitas terbuka (open university). Di Indonesia memang namanya adalah Universitas Terbuka yang pusatnya ada di Jakarta. Sistem kuliah tersebut membolehkan pelajar untuk sambil bekerja tanpa harus kuliah tatap muka di dalam kelas. Namun saat ini telah berkembang kursus terbuka (open course) yang lebih fleksibel dari pada kuliah online.

Kursus terbuka ini biasanya tidak terikat seperti kuliah terbuka. Mungkin di Indonesia masih belum menerapkan sistem transfer kredit, misalnya mahasiswa Universitas Indonesia bisa mengambil mata kuliah yang diadakan di Universitas Sriwijaya atau sebaliknya. Di negara maju telah menerapkan sistem transfer kredit, misalnya mahasiswa dari Harvard University boleh mengambil kuliah di MIT dan hasil kredit nanti juga tertera di ijazah kelulusan. Dengan sistem kredit transfer, perkuliahan akan lebih singkat karena bisa mengambil mata kuliah online dengan waktu yang bersamaan.

Saya tidak akan membahas tentang sistem kredit antar negara, namun akan membahas kursus online yang sering menjadi pilihan mahasiswa di negara maju untuk mempercepat waktu kuliah mereka atau untuk menambah wawasan dan mendapat sertifikat. Kursus terbuka (open course) atau disebut MOOC (Massive Online Open Course) saat ini menjadi website paling sering dikunjungi oleh pelajar di seluruh duni (terutama negara maju). Kursus terbuka ini 100% diadakan secara online. Ada dua tipe secara umum, yaitu (1) kursus terbuka berbayar dan (2) kursus terbuka free. Ingat free tidak bisa langsung diartikan sebagai gratis, namun free artinya bebas.

Langsung saja, inilah kursus online terpopuler untuk saat ini:
1. edx [dot] org

edx adalah inisiani dari Harvard University dan juga MIT. Saat ini telah banyak universitas dan politeknik yang menjadi mitra edx yang menawarkan kursus online kepada semua pelajar dari seluruh dunia. Kelebihan dari edx adalah kursusnya yang bersifat free, semua materi kursus bisa diakses bebas tanpa harus melakukan pembayaran diawal. Jika ingin mendapatkan sertifikat yang diverifikasi dari edx dan institusi terkait, maka akan dikenakan biaya sekitar $45 - $200. Cukup terjangkau dari pada mengambil summer school. Baca artikel ini juga.

2. Open2study [dot] com

Open 2 Study diinisiasi oleh universitas terbuka yang ada di Australia. Ada beberapa pilihan kursus yang tersedia, dan beberapa bisa diakses secara bebas. Situs ini telah juga menawarkan pilihan untuk kuliah online.

3. Coursera [dot] org
Cousera adalah sistem kursus online yang mewajibkan peserta didik untuk membayar sejumlah uang untuk bisa mengakses kursus. Namun Anda bisa mengajukan financial aid untuk bisa mengakses kursus online ini secara gratis, dengan menunjukkan motivasi kuat untuk menyelesaikan kursus.

4. Futurelearn [dot] com
Sama seperti MOOC lainnya, future bisa diakses secara bebas. Namun untuk mendapatkan sertifikat, peserta harus membayar terlebih dahulu.

5. Udemy [dot] com
Udemy adalah MOOC yang tidak hanya dapat menjadi pelajar, juga dapat menjadi instruktur. Selain memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu baru, juga bisa mendapatkan penghasilan baru. Kursus yang ditawarkan juga banyak pilihan.

Selain lima website populer tersebut, ada juga website kursus terbuka online yang masih buka sampai Mei 2016. Untuk info lebih lanjut mengenai link website, silakan kontak admin. Ada dua kursus yang ditawarkan oleh Oxford University yang bekerja sama dengan Hongkong University.

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami