Translate

Home » , » Perjalanan dari Palembang ke Kampung Inggris (dari Sukarami, Palembang ke Pare, Kediri)

Perjalanan dari Palembang ke Kampung Inggris (dari Sukarami, Palembang ke Pare, Kediri)

Written By Muhammad Umaruddin on Senin, 13 April 2015 | 4/13/2015 06:11:00 AM

Bahasa Inggris saat ini menjadi keperluan penting di era globalisasi. Belajar bahasa Inggris boleh dimana saja, dan kapan saja. Kampung Inggris di Pare, Kediri adalah sebuah kampung yang memiliki berbagai lembaga kursus Bahasa Inggris yang begitu banyak. Lebih dari seratus lembaga kursus Bahasa zinggris ada di satu kampung bernama Pare di Kediri Jawa Timur, Indonesia. Kampung ini begitu terkenal di Kalangan pelajar dan Mahasiswa. Banyak mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya untuk menentap sementara di Kampung ini utuk belajar bahasa Inggris dengan singkat.

Materi yang disediakan di Kampung Inggris ini rata-rata begitu praktis dan mudah untuk dimengerti. Kursus yang paling sikngkat adalah dua minggu. Kita dengan bebas memilih kursus dimana yang kita inginkan. Dan juga dengan biaya yang cukup terjangkau. Bayangkan, untuk kursus Bahasa Inggris dengan program Speaking, kita hanya mengeluarkan uang Rp. 30.000 sampai Rp 200.000.

Kali ini saya akan membahas perjalanan saya untuk menuju kampung Inggris. Perjalanan ini termasuk Pulang dan Pergi. Juga disediakan dua pilihan yang pasti agan dan sista tahu, yaitu cara Ransel (Murah) dan Koper (Mahal).

Cara Pertama adalah cara yang Koper (Mahal). Yahhh... walaupun disini terbilang mahal, tapi menurut saya ini juga hemat waktu dan gak mahal juga.

Karena saya tinggal di Sukarami Palembang, maka saya akan membahas dari rumah saya ya... sekalian Promosi tempat di Internet, biar terkenal.

- Perjalanan dari rumah (Talang Jambe) Ke Bandara = Cukup mudah, tinggal minta diantar teman ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, karena dekat.


-  Dari Bandara SMB menuju Bandara Juanda = ehh.. pesen tiketnya dulu ya. Saat ini bandara dimanapun di Indonesia sudah punya aturan sendiri untuk tiket menjual tiket pesawat di Bandara. Ada tips dari saya yang cukup menggiurkan. Cara beli tiket pesawat mudah dan murah itu dari smartphone Anda. Cukup download Traveloka (karena saya sudah buat perbandingan dengan tiket.com, dan sejenisnya, dan paling murah ya ini). Cari tiket pesawat yang paling murah. Kalau Anda beruntung bisa dapat potongan harga langsung saat promo. Kalau saya waktu itu dapat tiket pesawat citilink dengan harga Rp 614.500, di kurangi promo Rp 100.000 jadi Rp. 514.500. eh.. tapi sayang.. saya salah memasukkan tanggal berangkat, jadi harus nelpon ke pihak citilink untuk ubah jadwal, eh kena administrasi 200.000.. hmmm yaa sudahlah.. ini pelajaran berharga untuk gak buru-buru beli tiket pesawat dan tranfernya. Oh iya.. tranfernya cukup banyak pilihan, mulai dari ATM, Tunai di Bank, Indomaret, Kartu Kredit, Internet, dll. Dan saat check in cukup menunjukkan barcode pada smartphone kita. Mudah Sekali. Gak perlu repot2 khaannnn.... Perjalanan kurang lebih satu setengah Jam.
- Dari Bandara Juanda ada banyak Travel yang tersedia. Karena kita mau cepet langsung aja tanya ke Kampung Inggris berapa. Biasanya kisaran harga dari Juanda ke Kampung Inggris adalah 100.000 sampai 150.000. Atau kita bisa pesan travel jauh-jauh hari di Internet yang menyediakan penjemputan, seperti visitpare.com. Perjalanan kurang lebih tiga jam.

- Oke sudah sampai..

Kita cek harga secara Koper dari Sukarami, Palembang Ke Pare, Kediri.
- Pesawat dari SMB ke Juanda (Rp 514.500)
- Travel dari Juanda ke Kampung Inggris (125.000) dirata-ratakan..
Total Harga adalah (Rp 639.500)
Enam ratus lima puluh ribu kurang lohh...



Hmmm...
Cara kedua adalah cara Ransel (murah). Dari Sukarami, Palembang Ke Pare, Kediri.

- Dari desa saya (Talang Jambe) Ke Depan lampu merah diantar teman.
- Dari km 9 ke Kertapati (4000). Lama Setengah Jam. Taulah soper palembang banyak ngetem dak jelas.
- Dari Stasiun Kertapati ke Stasiun TanjungKarang Lampung (35.000) Kelas Ekonomi AC kalau siang, tapi kalau malam harga tiket paling murah itu 95.000 Kelas Bisnis 1. Lama 12 Jam. 

- Dari Stasiun Tanjung Karang ke BakauHeni naik Bus (30.000). Lama satu Jam. 



- Dari BakauhHeni ke Merak (15.000). Lama Dua Jam.

- Dari Merak menuju KaliDeres (30.000). Lama Dua sampai empat jam, tergantung busnya banyak ngetem atau gak. 


- Dari KaliDeres Menuju Stasiun Pasar Senen (4000). Setengah Jam.

-  Dari Stasiun Pasar Senen Ke Stasiun Kediri (90.000) Kelas Ekonomi AC. Lama 18 Jam. 



- Dari Stasiun Kediri menuju Kampung Inggris, kalau naik Angkot (20.000) tapi nunggunya lama, karena gak jelas kapan ada di stasiun Kediri, kadang pagi, kadang siang, kadang sore. Tapi kalau mau cepet langsung aja naik ojek, harganya 40.000 yang standar, kalau bisa nego bisa jadi 30.000. Perjalanan satu Jam.
- Oke, udah nyampe Kampung Inggris.

Oke Jadi kita hitung totalnya adalah Rp 228.000 (tiga ratus ribu kurang loh) dari Indonesia Barat menuju hampir Indonesia Timur.

Oh iya.. untuk pembelian tiket dari Pasar Senen (Jakarta) menuju Kediri (Jawa Timur) itu harus jauh-jauh hari yaa... Karena akan cepet habisnya. Minimal satu minggu sebelum berangkat. Kalau tiket kelas ekonomi habis, ya beli yang bisnis atau eksekutif, lumayan mahal loh.. bisa sampe 350.000. enak naik pesawat deh kalau getho.. hehe.

Pembelian tiket kereta api yang simple adalah dari smartphone Android. Cukup download di playstore, pilih KA tiket. Cek schedule. Pesan langsung, dan bayar via ATM. Dengan biaya adm itu 7.500. Lebih mudah, dan gak perlu ke stasiun lagi. Dan pada saat mau berangkat, langsung cetak sendiri di stasiun awal kita. Mudah banget loh. Gak ngantri lagi.

Oh, iya. Kita hitung lama perjalanan juga. Kita bandingkan antara cara koper dan ransel.

Cara koper lama perjalanan adalah 5 jam.
Cara Ransel lama perjalanan adalah 39 Jam. Eh.. ini belum nunggu kereta yang jadwalnya teratur, nunggu bus, makan, beli tiket nyebrang pelabuhan, nunggu angkot dan lain-lain.

So, intinya. Kita mau yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhan waktu dan Uang kita. Kalau memang lagi gak sibuk dan gak keburu-buru, mending cara ransel atau backpackeran aja. Lebih menyenangkan, apalagi kalau rame-rame. Dan.. kalau kamu cewek yang gak tahan lama diperjalanan dan gak sanggup ngelawan terpaan calo’ di berbagai persimpangan dan sendirian pula, mending saya saranin naik pesawat yang pasti-pasti aja. Coz, kejahatan bukan hanya direncakan, tapi karena ada kesempatan juga.

Oke, Salam Berbagi. Berbagi Isnpirasi dan pengetahuan yang baik.  Happy Day...

1 comment :

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami