Translate

Home » , , , » {mau} Skor TOEFL diatas 500 dengan Waktu Efisien dan Belajar Efektif Kursus di Kampung Inggris

{mau} Skor TOEFL diatas 500 dengan Waktu Efisien dan Belajar Efektif Kursus di Kampung Inggris

Written By Muhammad Umaruddin on Senin, 13 April 2015 | 4/13/2015 05:49:00 AM

Kali ini saya akan berbagi pengalaman kursus TOEFL di Kampung Ingris, Pare Kediri. Sebenarnya ada banyak lembaga di Pare yang menawarkan program persiapan TOEFL. Tapi mimin tertarik dengan Global English, dimana program yang ditawarkan cukup jelas. Yaitu mulai dari preparation atau persiapan TOEFL, seperti Listening for TOEFL, Grammar for TOEFL dan Reading for TOEFL. Masing-masingnya memiliki dua level.

Oke kita bahas dari awal. Bagi rekan-rekan yang memang beum tahu benar apa itu TOEFL akan saya jelaskan secara mudah. Intinya TOEFL itu adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language. Jadi bagi yang Bahasa Induknya bukan Bahasa Inggris, biasanya kalau mau kerja atau belajar di negeri yang berbahasa induk Inggris, maka perlu melampirkan sertifikat ini. Walaupun ada juga yang setara dengan TOEFL, seperti IELTS dan TOEIC.

Bagi rekan-rekan yang pengen kuliah atau bekerja di United State atau Amerika. Maka TOEFL wajib dilampirkan. Oh iya, TOEFL itu ada yang iBT (internet Based Test) dan PBT (Paper Based Test). Yang paling umum saat ini adalah TOEFL IPT dengan rentang skor 200 sampai 667. Dan standar untuk keluar negeri adalah 550, sedangkan untuk di Indonesia cukup 450 saja.

So, bagi yang bener-bener pengen ngelamar beasiswa atau lanjut S2 di dalam negeri juga wajib menyertakan skor TOEFL loh.. yaa minimal 450. Itu lumayan susah muda mudah loh.. haha

Akan saya bagikan cara efektif dan efisien belajar TOEFL di Kampung Inggris.
1. Persiapkan diri dengan niat yang tulus untuk belajar TOEFL
2. Pastikan diri Anda sudah terdaftar di salah satu lembaga kursus yang ada program TOEFL. Saya sarankan ambil di Global English saja, karena jelas pelajarannya.
3. Belajar dengan rajin dan tulus apa adanya. Jangan memaksakan diri. Latihan membuat kita lebih sempurna.
4. Beli buku dari luar seperti Longman atau cambridge yang biasanya sebagai soal latihan. Jangan lupa beserta CD listeningnya.
5. Gak perlu banyak latihan, yang penting ngerti mana yang salah mana yang benar.
Oke itu saja..

Thanks..

Wess.. gak Cuma ini saja tips nya.

Caranya adalah,,,
Bagi yang mulai dari awal
- Daftar di Global English selama tiga atau empat Bulan, jika perlu ambil program master, biar jadwalnya padat dan lebih efisien.
- Dua Minggu pertama.
Ambil latihan dasar dulu, seperti fun reading, fun listening dan grammar 1.
- Dua minggu kedua.
Ambil level lanjutan. Seperti Reading, listening, dan grammar 2.
- Dua minggu ketiga
Ambil program lanjutan lagi. Vocabulary (untuk Reading),  Pronunciation atau Speaking (untuk Listening), Grammar for Writing.
- Dua minggu keempat
Ambil program lanjutan lagi dari yang ketiga, yaitu Vocabulary 2, Pronunciation 2 atau Speaking {tergantung level saat test} (untuk Listening) dan writing 1. Atau bila dirasa cukup latihan di dua minggu ketiga, pada dua minggu keempat boleh langsung ambil preparation for TOEFL.
- Dua minggu ke lima
Anda harus memasuki TOEFL yang sesungguhnya. Silahkan ambil Reading for TOEFL, Listening  for TOEFL dan Grammar for TOEFL, masing-masing yang level satu yaa..
- Dua minggu keenam
Ambil Lanjutan level dari preparation TOEFL itu. Level dua Donks.
- Dua minggu ke tujuh
Baru Anda di silahkan untuk mengambil program TOEFL yang sesungguhnya.
- Dua minggu terakhir atau kedelapan.
EVALUASI. Jika skor TOEFL diatas 550, SELAMAT Anda Berhasil. Tapi jika belum, silahkan introspeksi diri, dan ulangi program yang menurut Anda sulit.
Ini adalah cara biasa. Tapi Jika Anda mengambil program MASTER ENGLISH, akan berbeda metodenya. Bagi yang mengambil program MASTER, silahkan konsultasi dengan tutor Anda. 

Biar lebih mudah kita buat dalam bentuk tabel


Bagi yang sudah lumayan
- Daftar di lembaga kursus Global English selama dua bulan.
- Dua minggu pertama.
Untuk yang Bahasa Inggrisnya lumayan bagus, seperti speaking dan grammar. Langsung ambil preparation atau persiapan TOEFL level satu semua, seperti Reading for TOEFL 1, Grammar for TOEFL 1dan Listening for TOEFL 1.
- Dua minggu selanjutnya.
Ambil level lanjutannya, Reading for TOEFL 2, grammar for TOEFL 2 dan listening for TOEFL 2.
- Dua minggu ketiga.
Ambil TOEFL. Tiga kali pertemuan dalam satu hari, dan dihitung dua program. Jadi sisa satu program, usahakan untuk ambil yang Anda gak terlalu paham, misal listening For TOEFL terlalu susah bagi Anda, maka ambil kelas Speaking atau fun listening untuk membiasakan Anda mendengar percapakan dengan Bahasa Inggris. Atau Grammar Anda kurang, maka ambil program grammar, atau jika perlu ulangi program grammar for TOEFL yang dianggap susah. Lebih baik juga konsultasi dengan tutor camp atau tutor TOEFL atau tutor yang dekat dengan ANDA.
- Dua minggu terakhir (keempat)
Evaluasi skor TOEFL Anda, Apabila sudah diatas 500, maka SELAMAT Anda berhasil menjalankan program ini. Tapi apabila ternyata masih dibawah 500, silahkan introspeksi diri. Dimana kelemahan Anda. Jika di Grammar, SELAMAT Anda termasuk kedalam mayoritas peserta TOEFL yang umum, karena grammar memang susah. Tapi apabila di listening atau reading, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris dikeseharian, dan latihan juga. Untuk grammar, silahkan ambil program grammar di lembaga yang sama. Karena setiap lembaga memiliki cara mengajar yang berbeda, apabila mengambil program grammar di tempat yang berbeda-beda, yakinlah bukannya pinter grammar malah jadi pusing karena beda lembaga beda metode.
Oh iya,, bagi yang TOEFLnya dengan rentang 500 sampai 600, silahkan latihan aja di camp atau cari lembaga kursus lain yang memiliki soal berbeda untuk sekedar latihan dan latihan. INGAT!!! Jangan kursus dari dasar lagi di lembaga yang berbeda, karena akan membuat Anda pusing dengan metode pengajaran yang berbeda. Tapi bagi yang skornya dengan rentang 400 sampai 500, silahkan ulangi program yang dirasa belum jelas. Gak perlu malu, karena ini kesempatan berlian. TAPI, bagi yang skor toeflnya di bawah 400, sebaiknya ikuti metode yang untuk pemula yaa... 

Bagi yang sudah Mumpuni di Bidang Bahasa Inggris
- Ambil Kursus di GE selama Satu Bulan
- Dua minggu pertama, langsung ambil TOEFL. Apabila Skornya diatas 450, maka Selamat Anda memang pantas masuk program ini, tapi kalau belum, sebaiknya ambil saran yang untuk lumayan  ya...
- Dua minggu terakhir atau kedua
Evaluasi, yang mana yang susah. Biasanya sih, Grammar. Kalau Iya. Silahkan ambil grammar for Toefl satu dan dua sekaligus. Kalau yang susah itu listening, ya silahkan ambil listening for Toefl 1 dan 2 sekaligus.
Jika ada peningkatan dari skor sebelumnya, SELAMAT Anda berhasil. Tapi apabila menurun dari yang awal, Hmmm patut dicurigai.. -___-.
Yang cara mumpuni ini untuk yang benar-benar biasa dalam Bahasa Inggris yaa.. Jadi bisa langsung aja, tapi bagi yang belum, sebaiknya pilih cara dasar atau lumayan saja. Biar jelas. Dan jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan tuttor Anda. See yaa
Pastikan Anda pulang ke kampung Halaman setelah TOEFL Anda diatas 450, karena itu adalah standar bagi Anda yang sukses atau tidaknya kursus di Kampung Inggris. Kalau ada yang bisa 600 itu hebat sekali ya.. WOWOOWOWOW

Kenapa saya menyarankan di Global English, karena
1. Ada program camp, yang membuat kita terbiasa berbicara dengan Bahas Inggris
2. Programnya cukup beragam dan lengkap. Yang paling penting jelas maksud dari program itu.
3. Programnya gak dari dasar sekali, seperti pre speaking, orang yang bener-bener belum tahu english dijamin akan mudah mengerti, karena sudah ada banyak contohnya. Percuma juga kalau belajar dari dasar bener, seperti menghapal vocab yang terlalu banyak atau yang jarang digunakan tanpa ada latihannya.
4. Relatif murah dan terjangkau untuk pelajar
5. Ada kelas tambahan. Lumayan loh untuk memperdalam kemampuan speaking dan grammar secara gratis.
6. Ada program seru setiap minggunya, seperti debat, yasinan, speech, nonton bareng, jalan-jalan, dan lainnya.


Saling Berbagi, Semangat Berbagi, Salam Berbagi.... :)
Inspirasi dan pengetahuan apabila dibagikan akan bertambah dan bertambah dan akan berkurang sedikitpun. SALAM SUKSES

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami