Translate

Home » » Pertanyaan Islam dan Damai

Pertanyaan Islam dan Damai

Written By Saya Salingbagi on Jumat, 01 Agustus 2014 | 8/01/2014 09:43:00 AM

Mengapa Islam sebagai simbol perdamaian?
Karena Islam berasal dari kata salam yang berarti damai, sehingga disebut juga agama damai. Setelah Islam diadopsi sebagai sistem-kepercayaan oleh individu atau kelompok, itu menjadi tindakan dan gaya hidup, tunggal atau jamak, maskulin atau feminin. Kata salam tersebutlah yang menjadi simbol perdamaian.

Mengapa Islam sebagai kode etik universal?
Islam berasal dari kata salam. Al-salam, yang berarti "damai", adalah salah satu dari sembilan puluh sembilan nama Ilahi (asmaul husna). Karena nama Ilahi dianggap kode etik universal dan perdamaian. Oleh karena itu, mereka adalah bagian dari perilaku manusia, individual maupun kolektif. Islam tidak lain kecuali kembali memperkenalkan perdamaian ke dunia (Yudaisme) dan kedamaian dalam jiwa (cristianity) ke dalam sifat manusia sebagai pengalaman hidup, untuk jangkar wahyu di alam. Islam adalah agama fitrah (alam). Kepercayaan pada satu pokok universal alam, dan percaya dalam tidak wajar. Dari sifatnya yang universal itulah dan juga berasal dari salah satu nama Ilahi, membuat Islam dianggap sebagai kode etik universal.

Apa yang dimaksud dengan rekonsiliasi dan hidup damai dalam Islam?
Rekonsiliasi dalam artikel ini berarti menjadi penengah atau menjelaskan pertentangan antara dua sisi yang berbeda, dalam hal ini di jelaskan dua sisi yang berbeda antara lain seperti, iman dan ilmu, akal dan iman yang tertinggal (diperoleh), Tuhan dan manusia, iman dan pekerjaan, kehendak Tuhan dan kehendak manusia, individu dan sosial, tradisional dan modern, yang diinginkan dan kenyataan, dan dalam keluarga dan masyarakat. Dari sembilan dualisme itu, Islam dalam me-rekonsiliasi pertentangan tersebut dengan cara damai, misalnya iman bukanlah melawan ilmu karena iman adalah akal dan alam adalah wahyu dan wahyu adalah alasan, Iman dan Ilmu sebenarnya saling berkaitan, apalagi Islam adalah agama fitrah yang berasal dari alam dan dapat dijelaskan secara ilmiah. Mengingat esensi dari islam, yang merupakan (fitrah) alami, akal, manusia, transendensi, kemauan bebas, masyarakat, kemajuan dan dunia-penguatan, maka rekonsiliasi ini mudah dilakukan. Islam dikenal sebagai agama tauhid, yang berarti kesatuan atau lebih tepatnya perpaduan. Islam adalah melawan segala bentuk disosiasi atau pertentangan antara kedua sisi persamaan apapun. agama biasanya dikenal dengan dualisme yang melekat pada dirinya, bahkan tradisi monoteistik dalam konteks historis. Maka dari itu, hidup damai dalam Islam akan terbentuk dengan sendirinya akibat dari rekonsiliasi ini. Dalam Islam yang juga berarti damai, didalamnya mengajarkan cara hidup damai, dan bagaimana cara mengatasi dan menjelaskan dualisme yang biasanya melekat dan menjadi pertanyaan bagi para penganutnya.

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami