Translate

Home » , , , » Aspek Kehidupan Masyarakat

Aspek Kehidupan Masyarakat

Written By Saya Salingbagi on Jumat, 01 Agustus 2014 | 8/01/2014 09:39:00 AM

Ada beberapa aspek kehidupan masyarakat yang dapat dikaitkan dengan perkembangan sosiologi keagamaan meliputi:

Aspek Kehidupan Kolektif dalam  Masyarakat
Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat aspek kehidupan kolektif. Kolektif menurut KBBI adalah secara bersamaan atau gabungan, yang mana pada kalimat kehidupan kolektif berarti kehidupan yang secara bersamaan atau gabungan dari berbagai jenis kehidupan. Manusia adalah jenis makhluk yang juga hidup dalam kolektif dan mengenai pengetahuan  mengenai azas-azas hidup kolektif, ada perbedaan yang sangat dasar antara kehidupan kolektif binatang dan kehidupan kolektif manusia, yaitu bahwa sistem pembagian kerja, aktivitas, kerjasama, serta berkomunikasi dalam kolektif binatang bersifat naluri, yaitu merupakan suatu kemampuan yang telah terencana oleh alam dan terkandung dalam gen jenis binatang yang bersangkutan, sedangkan sistem pembagian kerja, aktivtas kerjasama, serta berkomunikasi dalam kehidupan kolektif manusia bukan yang mempunyai pola–pola tindakan dan tingkah laku manusia.

Kolektif manusia dan manusia lain tidak sama cepatnya, ada yang mengalami perubahan yang lambat yang barlangsung dalam jangka waktu satu atau dua abad, ada pula kolektif–kolektif yang berubah sangat cepat  yang hanya memerlukan jangka waktu hanya beberapa puluh tahun. Proses-proses perubahan yang berbeda di berbagai tempat di muka bumi menyebabkan timbulnya suatu aneka warna yang besar sekali antara beribu-ribu kesatuan hidup manusia.

Aspek dalam berbagai Wujud Kolektif Manusia
Manusia di muka bumi dan makhuk jenis homo sapiens itu menampakan suatu aneka ragam yang disebabkan karena ciri-ciri ras kaukasoid, mongolid, negroid, serta beberapa ciri-ciri lain. Berbeda dengan tingkah laku manusia yang tidak disebabkan karena ciri–ciri ras, melainkan  karena kolektif–kolektif dimana manusia itu bergaul dan berinteraksi. 

Pada zaman ini wujud tersebut adalah kolektif–kolektif besar yang terdiri dari banyak manusia, yang tersebar di muka bumi sebagai kesatuan manusia yang erat, dan yang disebut negara–negara  nasional yang terkait dalam rumpun bangsa seperti rumpun melayu dan sebagainya. Pada awal abad ke 21 ini hampir semua manusia di dunia tergolong ke dalam salah satu negara nasional

Aspek dalam berbagai Unsur Masyarakat
Adanya bermacam-macam wujud kesatuan kolektif manusia memerlukan beberapa istilah untuk membeda-bedakan berbagai macam kesatuan manusia tadi. Ada istilah-istilah khusus untuk menybut kesatuan-kesatuan khusus yang merupakan unsur-unsur dari masyarakat, yaitu dari kategori sosial, golongan sosial, komunitas, kelompok dan perkumpulan.

Aspek dalam Pranata Sosial
Sistem-sistem yang menjadi wahana yang memungkinkan warga masyarakat ilmu sosiologi dan antropologi disebut pranata, atau dalam bahasa inggris institution. Pranata adalah suatu sistem norma khusus yang menata suatu rangkaian tindakan berpola mantap guna memenuhi suatu keperluan khusus dari manusia dalam kehidupan masyarakat. Konsep  "pranata" atau institution telah lama berkembang dan dipergunakan dalam sosiologi, dan merupakan suatu konsep dasar yang diuraikan secara panjang lebar dalam semua kitab pelajaran. Sebaliknya, dengan ilmu antropoligi konsep “pranata” kurang dipergunakan.

Aspek tentang Integrasi Masyarakat
Integrasi sosial merupakan proses menyatunya berbagai unsur dalam masyarakat. Dalam  masyarakat pasti terdapat suatu integrasi dalam menyatukan perbedaan yang ada. Yang dimaksud dengan unsur adalah kelompok-kelompok dalam masyarakat, seperti suku bangsa, umat beragama, dan lain-lain. Dengan demikian, dalam kehidupan beragama di dalam masyarakat juga terdapat aspek integrasi di dalamnya, agar terbentuklah kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan stabil. Contohnya saling menghormati antara satu pemeluk agama dengan pemeluk agama lainnya.

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami