Translate

Home » , , » Tips Dasar Agar Lulus SBMPTN

Tips Dasar Agar Lulus SBMPTN

Written By Saya Salingbagi on Kamis, 05 Juni 2014 | 6/05/2014 10:04:00 AM

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi dengan ujian tertulis agar siswa SMA bisa mengubah statusnya menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri. hmm... Tapi, ada beberapa masalah anak SMA yang ingin mengikuti ujian tertulis ini, kenapa gak bingung, karena yang ikut SBMPTN ini ada ribuan siswa yang merebutkan kursi di bangku kuliah PTN.

Eitss.. Tapi tim salingbagi.com punya beberapa Tips agar dapat lulus SBMPTN dengan pilihan Jurusan yang diinginkan...:

1. Pelajari Passing Grade dari tiap-tiap Jurusan dan Universitas yang dipilih
 Hal ini sangat penting, karena tiap-tiap PTN dan jurusan memiliki passing grade atau nilai minimal masuk PTN dengan jawaban yang benar dari soal-soal pada saat tes tertulis.Biar tahu passing grade tiap-tiap jurusan dan PTN, coba aja lihat di beberapa tempat Bimbel di daerah kamu, kalau malu tanya temen yang bimbel aja.

2. Pelajari cara menjawab ujian SBMPTN
caranya bedah dengan ujian nasional, gak cuma bulet-buletin aja, tapi harus diperhitungkan matang-matang.
Benar +4
Salah -1
 so, jadi jangan asal-asalan ngejawab entar nilainya minus lagi.

3. Latihan soal SBMPTN dan hitung sendiri Skor mu
nah, kalau yang ini dibiasakan ya, karena bisa ala biasa, bukan pinter. Orang-orang yang masuk PTN itu orang-orang yang rajin belajar bukan cuma pinter doank.. hehe kayak mimin... :)

4. Perdalami latihan TPA (Tes Potensi Akademik)
hmm... penting banget ini, karena iniadalah syarat pertama sebelum passing grae kamu lulus, dan inilah pendongkraknya. Soal ini banyak sekali dengan waktu yang sangat singkat, so cepet-cepetlah berpikir, kalau gak tahu lewati aja langsung. jangan diperlambat, waktunya sempit untuk soal TPA ini.

5. Pilih jurusan dan PTN sesuai kemampuan mu
kalau yang ini pasti harus memiliki sikap "sadar diri", karena PTN ini yang mau masuk orangnya ribuan, dan yang diterima paling banyak seratus orang per jurusan. So, jangan muluk-muluk ya pilihan mu. Perhitungkan dengan matang, pilih jurusan pertama dengan passion mu dan jurusan ke dua dengan kemampuanmu yang pasti udah yakin lulus. Jangan sampe kamu gak lulus di kedua pilihan atau yang ketiga pilihan (IPC). Mending kuliah aja di jurusan kedua, atau milih kerja ketimbang nganggur satu tahun. hmm

Oke, inilah yang bisa tim salingbagi.com berikan buat tips SBMPTN. Bisa ala Biasa. kalu udah Rajin belajar di jamin pasti lulus SBMPTN.

Semangat berbagi :)

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami