Translate

Struktur Sosial Masa Kanak-kanak

Written By Saya Salingbagi on Jumat, 30 Mei 2014 | 5/30/2014 08:10:00 PM

Struktur sosial merujuk kepada pembahasan tentang unsur-unsur sosial yang terdapat dalam suatu masyarakat. Unsur-unsur sosial yang merupakan bagian dari struktur sosial tersebut yaitu: kelompok, kelas sosial, nilai dan norma sosial, serta lembaga sosial. Keseluruhan unsur sosial tersebut membentuk adanya sebuah masyarakat yang kompleks dan kadangkala diselingi dengan konfliks.

Masa kanak-kanak (early childhood) adalah masa perkembangan dari usia 1 atau 2 tahun hingga 5 atau 6 tahun. Perkembangan biologis pada masa-masa ini berjalan pesat, tetapi secara sosiologis ia masih sangat terikat oleh lingkungan dan keluarganya. Oleh karena itu, fungsionalisasi lingkungan keluarga pada fase ini penting sekali untuk mempersiapkan anak terjun ke dalam lingkungan yang lebih luas terutama lingkungan sekolah. 

Schnell melihat dalam perubahan konsep mengenai masa kanak-kanak suatu pembenaran bagi diadakannya sekolah rakyat: “Dengan melihat masa kanak-kanak sebagai suatu asumsi ideologi kelas menengah yang dominan, memperoleh suatu pengertian yang lebih jelas mengenai gerakan untuk melembagakan semua anak-anak ke dalam suatu masa kanak-kanak yang universal. Bagi schnell, pertumbuhan sekolah rakyat (common school) merupakan “kuil masyarakat yang paling banyak hiasannya” bagi konsep masa kanak-kanak, suatu konsep yang mencakup persyaratan-persyaratan moral perlindungan, pemisahan, ketergantungan dan tanggung jawab yang ditangguhkan.

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami