Translate

Home » , , , » Analisis Domain & Taksonomi (contoh)

Analisis Domain & Taksonomi (contoh)

Written By Saya Salingbagi on Minggu, 25 Mei 2014 | 5/25/2014 06:32:00 AM

Definisi Singkat

Analisis Domain digunakan untuk menganalisis gambaran objek penelitian secara umum atau di tingkat permukaan, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut. Teknik ini digunakan untuk penelitian kualitatif yang bersifat eksplorasi, artinya hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk memperoleh gambaran seutuhnya dari subjek yang diteliti, tanpa harus dirinci secara detail unsur-unsur yang ada dalam keutuhan subjek penelitian tersebut.

Kunjungi Juga blog ini

Dalam hubungan bagaimana peneliti menggunakan teknik analisis domain, maka Spradley (1977) membuat enam langkah yang saling berhubungan, yaitu sebagai berikut:
  • Memilih pola hubungan semantik tertentu atas dasar informasi atau fakta yang tersedia dalam catatan harian peneliti di lapangan,
  • Menyiapkan kerja analisis domain,
  • Memilih kesamaan-kesamaan data dari catatan harian peneliti di lapangan,
  • Mencari konsep-konsep induk dan kategori-kategori sombolis dari domain-domain tertentu yang sesuai dengan suatu pola hubungan semanti,
  • Menyusun pertanyaan-pertanyaan struktural untuk masing-masing domain,
  • Membuat daftar keseluruhan domain dari seluruh data yang ada.
Analisis Taksonomi (Taxonomy Analysis). Pada tahap analisis taksonomi, peneliti berupaya memahami domain-domain tertentu sesuai fokus masalah atau sasaran penelitian. Masing-masing domain mulai dipahami secara mendalam, dan membaginya lagi menjadi sub-domain, dan dari sub-domain itu dirinci lagi menjadi bagian-bagian yang lebih khusus lagi hingga tidak ada lagi yang tersisa, alias habis (exhausted). Pada tahap analisis ini peneliti bisa mendalami domain dan sub-domain yang penting lewat konsultasi dengan bahan-bahan pustaka untuk memperoleh pemahaman lebih dalam.

Contoh:
analisis domain dan taksonomi.pdf by salingbagi

1 comment :

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami