Translate

Asal Mula Sosiologi

Written By Muhammad Umaruddin on Kamis, 18 Agustus 2011 | 8/18/2011 09:10:00 AM



Sosiologi pertama kali dipopulerkan oleh seorang filsuf Perancis, Auguste Comte (1798-1857), dalam bukunya Course de Philosophie. Comte disebut sebagai bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji secara sistematis.

Seperti ilmu-ilmu yang lain, pada awalnya sosiologi merupakan bagian dari ilmu filsafat yang juga mempelajari tentang masyarakat. Namun, pada masa itu pembahasannya hanya berkisar pada peristiwa seputar perang, gejolak antarkelas sosial, konflik antarras maupun antaretnis, kedudukan dalam kelas-kelas penguasa, dan sebagainya.
Dalam perkembangannya, pembahasan mengenai masyarakat ini semakin kompleks, yakni mencakup susunan kehidupan dalam masyarakat, seperti nilai dan norma, struktur sosial, proses sosial dan sebagainya.

Akhirnya, sejak pertengahan abad ke-19, ilmu sosiologi melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Hal ini diawali dengan adanya kekhawatiran Auguste Comte akan keadaan masyarakat Perancis sejak pecahnya Revolusi Perancis. Selain berdampak positif munculnya era demokrasi dalam masyarakat, Revolusi Perancis juga berdampak negatif, yaitu konflik antarkelas sosial. Konflik ini muncul karena masyarakat tidak tahu bagaimana cara menyikapi perubahan-perubahan sosial yang begitu cepat. Akibatnya, terjadi Chaos dan anarkisme pada masyarakat Perancis.
Atas dasar itulah Comte mengusulkan untuk meningkatkan semua penelitian tentang masyarakat menjadi ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri. Dia berpendapat bahwa ilmu pengetahuan mempunyai urutan-urutan tertentu berdasarkan loika berpikir. Sebuah penelitian yang dilakukan harus mengikuti tahapan-tahapan berpikir untuk mendapatkan kesimpulan, yaitu tahap ilmiah. Oleh karena itu, dia menyarankan agar semua penelitian terhadap masyarakat tersebut dinamakan dengan ilmu Sosiologi.


Istilah Sosiologi semakin berkembang pada abad ke-20 sejak Herbert Spencer mengembangkan suatu sistematika penelitian masyarakat dalam bukunya yang berjudul Principles of Sosiology.
Di dalam buku tersebut Spencer mengembagkan sitem penelitian tentang masyarakat. Ia mengembangkan teori evolusi organik dan evolusi sosial. menurut pendapatnya, masyarakat bagaikan sebuah organ yang akan lebih sempurna jika organ tersebut bertambah kompleks karena adanya perbedaan (diferensiasi) yang ada dalam bagian-bagiannya. masyarakat merupakan sebuah sistem yang tersusun dari berbagai macam kelompok-kelompok sosial yang akan salaing bergantung satu sama lain.

1 comment :

  1. Semoga membantu bagi mahasiswa Sosiologi di bumi ini, hahahaha.
    Aku Mahasiswa Di Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia
    :)

    BalasHapus

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami