Translate

Home » , , , , , , » Maskot Flora Dan Fauna Provinsi Sumatera Selatan

Maskot Flora Dan Fauna Provinsi Sumatera Selatan

Written By Muhammad Umaruddin on Senin, 28 Desember 2009 | 12/28/2009 12:41:00 PM



Maskot Flora Dan Fauna Provinsi Sumatera Selatan










Maskot Flora Provinsi Sumatera Selatan

Tanaman duku tumbuh berupa pohon yang tingginya mencapai 20 meter dan diameter 40 cm. Berbatang lurus dan kulitnya banyak mengandung getah berwarna abu-abu. Cabangnya berbentuk bulat dan diselimuti oleh bulu yang halus.
Buah duku yang tersusun dalam tandan berdompolan, berbentuk bulat sampai bulat telur dan berwarna kuning pucat, kuning keabu-abuan sampai kuning tua jika sudah masak. Dalam setiap buah duku rata-rata terdapat 5 ruas daging buah. Warna daging buah putih bening atau jernih seperti lilin, rasanya manis sampai keasam-asaman. Keping biji agak tebal dan berwarna hijau.



Duku ( Lansium domesticum Corr )


Maskot Fauna Provinsi Sumatera Selatan

Berukuran cukup besar, panjang 87,5 cm & besar 0,5-1 kg, ada yg mencapai 5 kg. Badan pipih dgn kepala berukuran kecil & bagian tengkuk terlihat bungkuk. Asalnya dari Kalimantan. Habitatnya di sungai-sungai & daerah yg sering tergenang banjir. Di daerah dataran rendah tdk lebih dari 30 m dpl. Penyebaran di Sumatera, Jawa & Kalimantan. Merupakan ikan air tawar yg bersifat predator & nokturnal (aktif pd malam hari). Siang hari biasanya bersembunyi di antara tumbuhan. Makanannya berupa anak-anak ikan & udang. Tak jarang mangsanya berukuran lebih besar. Ikan belida jantan bertugas membuat sarang yg dibuatnya dari ranting & daun, juga menjaga telur & anak-anaknya. Ikan belida dpt menghirup udara dari atmosfir.




Ikan Belida ( Chilata lopis )

0 comment :

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang
Berbagi membawa Berkah :)

ikuti kami